Nggak selamanya perjalanan menuju pulau dewata alias Bali harus mahal. Perjalanan ke Bali dari Jakarta bisa menggunakan beberapa moda transportasi, buat kamu yang berkantong cukup tebal tentu akan memilih menggunakan transportasi udara. Tapi itu cukup memakan banyak budget liburan pastinya. Buat yang berkantong ngepas atau ingin sedikit berhemat dalam hal ongkos perjalanan biar selama di Bali kamu bisa senang-senang coba pilih moda transportasi lainnya.

Gw pernah ke Bali menggunakan transportasi secara estafet alias ngecer. Berawal kita pergi dulu ke stasiun Pasar Senen yang terletak di Jakarta Pusat guna menumpang kereta api Gaya Baru Malam. Berdasarkan website http://www.railway.web.id tiket sekali naik Kereta api Gaya Baru Malam itu Rp. 55.000,- untuk tujuan Surabaya Gubeng. Lalu setelah tiba di Stasiun Surabaya Gubeng perjalanan kita lanjutkan menggunakan kereta api Sri Tanjung menuju stasiun Banyuwangi baru.

Selama perjalanan menuju Banyuwangi pemandangan tanaman tembakau terlihat di kanan kirinya. Dan cukuplah jadi hiburan mata selama perjalanan yang menghabiskan waktu hampir delapan jam. Setibanya di stasiun Banyuwangi Baru lalu dilanjutkan menuju pelabuhan Ketapang. Dari stasiun ke pelabuhan jaraknya tidak jauh sekitar 200-300 meter dan itu bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum dengan biaya dua ribu rupiah.

Setiba di pelabuhan ketapang kamu bisa menggunakan Kapal Ferry dengan biaya tiket saat ini hanya delapan ribu khusus untuk pejalan kaki loh bukan yang bawa kendaraan. Bila saat ombak tenang perjalanan menyebrang hanya memakan waktu 45 menit saja dan bila sedang ombak besar bisa menghabiskan waktu satu jam lebih.

Yeeeaahh akhirnya tiba di Pulau Dewata juga. Jangan lupa update status path, foursquare, bbm, twitter atau facebook biar temanmu ngiri ya. Lalu setelah turun dari kapal Ferry bisa langsung melanjutkan perjalanan ke kota Denpasar menggunakan Bus yang terminalnya ada di dalam pelabuhan ongkosnya kalau belum naik cuma Rp. 35.000 doank kok.

Setibanya di Terminal Ubung kamu bisa berisitirahat sejenak guna melepas lelah dan beribadah di Musholla yang berada dikawasan terminal ubung. Biar lebih irit buat menuju pusat pariwisata di Kuta kamu dari terminal ubung bisa naik angkutan umum atau biasa disebut bemo dengan ongkos lima ribu menuju halte sarbagita terdekat. Eh iya Sarbagita atau trans Sarbagita itu perwujudannya mirip Trans Jakarta loh kak.

Biaya sekali naik Trans Sarbagita itu cuma 3500 doank kok. Turun di halte dekat mall galeria. Lalu dari halte tersebut bisa berjalan kaki sekitar 600 meter dari pantai kuta, jika tidak mau capek ya naik taksi saja. Mari kita mencari penginapan murah meriah diseputaran pantai kuta. Coba cari diseputaran Jl. Popies lane disana banyak bertebaran penginapan murah berkisar 70ribu sampai ratusan ribu permalam. Atau bisa memilih wisma Bima yang terletak persis didepan Joger. Penginapan tersebut harganya sangat terjangkau dan bisa sekalian membantu kamu guna mencari sewaan motor termurah. Cukup punya KTP dan SIM kamu bisa menyewa motor atau mobil. Biaya sewa motor bebek itu paling murah 40ribu perhari bisa puas keliling Bali sepuasnya.

Ayo kita mulai estimasi biaya dan cari waktu cuti yang agak lama biar bisa liburan dengan nyaman dan aman

Follow me at twitter @dymszy

Iklan