Beberapa hari lagi lebaran nih. Kira-kira sudahkah kamu terima uang THR dari tempat kamu bekerja? Kalau saya sebagai seorang pekerja lepas hampir dapat dipastikan tidak merasakan kenikmatan dari THR tersebut.

Sebagai seorang pekerja lepas yang mendapatkan uang secara tidak menentu haruslah bijak dalam melakukan belanja. Harus bisa banget bedakan antara keinginan dan kebutuhan karena uang datangnya tidak menentu. Namun prinsip bedakan keinginan dan kebutuhan kayaknya mutlak harus dilakukan oleh setiap orang. Karena pada prinsipnya seberapa banyaknya uang yang dimiliki belum tentu bisa menjamin masa depan seseorang cerah.

Gaji dan THR itu datangnya cuma sekali. Kalau gaji datangnya sebulan sekali sedangkan THR datangnya hanya setahun sekali.

Sah-sah saja jika ingin membelanjakan uang THR untuk penuhi keperluan jelang hari raya. Namun tetap harus ada aturan mainnya dan jangan berlebihan.

Baca juga Cara Sederhana Dan Mudah Mengelola Gaji Bulanan Untuk Karyawan

Agar uang THR kamu tidak habis sia-sia, ikuti beberapa tips bijak kelola uang THR berikut ini:

1. Tabung Untuk THR

Agar tidak cepat habis, uang THR sebaiknya langsung ditabung. Untuk anggaran belanja bulan Ramadan ini, sebaiknya utamakan menggunakan uang gaji bulanan. Dengan begitu, pengeluaran Anda bulan ini bisa tetap terjaga meski ada THR.

2. Batasi penggunaan THR

Jika Anda tidak sanggup untuk menabungkan semua uang THR, Anda boleh membelanjakan uang THR. Namun, Anda harus punya batasan tertentu agar uang THR tidak habis. Anda bisa membagi uang THR menjadi dua, satu untuk belanja dan yang satunya lagi untuk ditabung.

3. Uang THR untuk investasi

Selain ditabung, Anda bisa memanfaatkan uang THR untuk investasi masa depan. Anda bisa membelanjakan THR ke pos-pos yang memiliki nilai jual sama atau bahkan lebih mahal. Misalnya, membeli emas, membuat asuransi, atau reksadana.

4. Hemat pengeluaran

Cara terbaik agar uang THR Anda tidak habis adalah berhemat. Selama bulan Ramadan, Anda bisa berhemat dengan beberapa cara, misalnya buka puasa di rumah (jangan di restoran) dan kurangi anggaran untuk membeli baju lebaran. Atur uang THR Anda dengan sebaik mungkin.

5. Ikut mudik gratis

Agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk mudik, Anda sebaiknya mengikuti acara mudik gratis. Dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan uang THR untuk ongkos mudik yang selalu naik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktekan untuk menghemat atau menjaga agar uang THR tidak habis secara sia-sia. Semoga bermanfaat!

Ingin dapatkan tips dan artikel lain mengenai perencanaan keuangan silakan kunjungi Perencana Keuangan

Iklan