​Apakah kamu sedang berpikir jika kondisi rumah terlalu sepi? Jika iya, mungkin kamu dapat menambahkan nuansa semarak di lingkungan rumah dengan memelihara hewan. Hmmm, ide ini tentu sangat bagus dan cukup brilian, bukan?

Pasti terdapat beragam pilihan binatang yang bisa Anda adopsi sebagai anggota baru di rumah, salah satunya adalah kucing.

Kucing sering dipilih sebagai binatang kesayangan karena selain lucu, tingkahnya yang aktif sekaligus menggemaskan sering membuat pemilik betah berlama-lama didekatnya. Umumnya, jenis kucing yang dipelihara di rumah adalah dari jenis persia ataupun anggora. Meskipun tidak menutup kemungkinan kamu memelihara kucing dari jenis lainnya.
Secara perawatan, jika kamu memutuskan memelihara kucing jenis persia ataupun anggora tentunya kamu memerlukan perawatan sedikit lebih khusus dibandingkan jenis kucing lainnya. Perlu diperhatikan jenis pakan serta shampoo yang dipilih agar bulu dari kucing kesayangan dapat terus lebat dan tidak alami kerontokan.

Jenis pakan untuk kucing sendiri terdapat 2 jenis, yaitu pakan basah ataupun pakan kering. Kedua jenis pakan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, selain dari kandungan nutrisi juga dari segi harga.

Bagi kamu yang masih bimbang menjadikannya bagian dari keluarga sebaiknya buang jauh-jauh perasaan tersebut karena terdapat beberapa manfaat memelihara kucing yang bisa didapatkan lho. Apa saja sih manfaat memelihara kucing bagi manusia? Yuk kita simak sama-sama.
1. Medapatkan Teman

Alasan seseorang memutuskan memelihara hewan seringkali karena mereka membutuhkan teman. Nah, kamu akan mendapatkan manfaat ini apabila memutuskan memelihara kucing di rumah. Banyak orang percaya bahwa kucing terlihat sebagai makhluk individu yang kurang bisa bersosialisai, namun ini hanya mitos sebab si Manis pasti akan sangat senang berada di dekat sang pemilik selama dia merasa nyaman.
2. Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan, memelihara hewan khususnya kucing sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, memelihara kucing dapat menurunkan level stres sang pemilik kucing. Penelitian lain yang dilakukan selama 10 tahun menyebutkan bahwa pemilik kucing memiliki kemungkinan meninggal 30% lebih kecil karena serangan jantung dan stroke dibandingkan non-pemilik.

3. Membantu mendapatkan pasangan

Kabar baik nih buat kaum tuna asmara, apabila kamu adalah seorang pria lajang dan belum bisa mendapatkan pasangan, segeralah memelihara kucing.

Sebuah poling yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa 82% perempuan lebih tertarik pada pria yang memiliki peliharaan dengan 90% diantaranya setuju bahwa kucing merupakan pilihan terbaik. Perempuan yang mengikuti survey tersebut menyatakan bahwa pemilik kucing umumnya bisa lebih sensitif dan peka dibandingkan pemilik hewan lainnya.

4. Membantu ‘move on’

Kamu merasa sangat sulit terlepas dari bayang-bayang masa lalu atau istilah kekiniannya adalah gagal move on? Dengan memiliki peliharaan, maka proses kamu dalam ‘move on’ akan jauh lebih cepat. Beberapa fakta menunjukkan bahwa kucing dapat membantu seseorang move on lebih cepat karena dapat mengalihkan perhatian seseorang terhadap rasa sakit yang dideritanya.

Dari ke-4 manfaat yang dapat kita petik dari memelihara hewan peliharaan khususnya kucing, nomer berapa yang sangat kamu sukai?

Selain manfaat yang kita dapatkan dari memelihara hewan, tentunya juga perlu penuh rasa tanggung jawab dalam memelihara kucing. Perlakukan kucing layaknya sebagai teman atau anggota keluarga. Berikan perhatian dan pakan terbaik serta perhatikan kondisi kesehatannya juga ya dan jangan biarkan kucing kesayangan kita terus berada dalam kandang dan membatasi ruang geraknya.

Luangkan waktu untuk bermain dengannya, setidaknya 1 jam setiap harinya agar kucing kesayangan merasa diperhatikan dengan baik serta merasa disayangi. Selamat memelihara ya teman.

Iklan