Wah tak terasa kita sudah di penghujung akhir tahun 2016 ya, suka dan duka selama tahun 2016 sudah banyak kita alami dan hadapi. Biasanya saat akhir tahun tentunya kita memiliki rencana untuk berlibur ya, entah berlibur diluar kota ataupun diluar negeri.

Pertanyaanpun mulai bermunculan didalam benak mengenai tujuan wisata apa yang enak disambangi di penghujung tahun ini. Luar negeri atau dalam negeri ya enaknya?

Saya pribadi lebih memilih untuk berlibur didalam negeri saja, selain lebih hemat juga tentunya dapat ikut andil memperkenalkan obyek wisata dalam negeri yang tak kalah keindahannya dengan yang ada diluar negeri.

Salah satu obyek wisata yang ingin sekali saya kunjungi adalah pulau lembata, pulau elok nan eksotis yang berlokasi di bagian tenggara Indonesia tepatnya berada di Nusa Tenggara Timur.

Secara geografis, Pulau Lembata terletak di antara Pulau Alor dan Pulau Flores. Karena belum mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat luar, tak heran kalau Pulau Lembata ini paling pas untuk dijelajahi sambil menikmati indahnya berwisata tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.

Lalu ada spot keren apa saja ya yang ada di pulau lembata ini?

Salah satu faktor yang menjadi daya tarik terbesar dari Pulau Lembata adalah tradisi hebat para penduduk pulau ini. Penduduk adat Lembata punya tradisi menangkap ikan paus. Bukan menangkap dengan perlengkapan kapal yang sangat canggih. Bukan pula dengan pembantaian paus secara membabi buta.

Proses penangkapan ikan paus ini merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat setempat yang sudah turun temurun dan menggunakan perlengkapan tradisional alias jauh dari kata modern sama sekali.

Mereka yang memburu ikan paus harus berhadapan langsung dengan penguasa samudera ini, melemparkan tombak-tombak kayu dari jarak yang sangat dekat. Sungguh prosesi yang sangat mendebarkan dan butuh keberanian yang ekstra besar.
Oh iya, tradisi ini sudah berjalan selama ratusan tahun dan biasa dilangsungkan antara bulan mei hingga oktober. Wah ternyata saya terlambat dan tak dapat menyaksikan langsung acara adat ini secara langsung, eits tapi tenang meski tradisi ini sudah lewat bukan berarti tidak ada tradisi unik lainnya dari pulau lembata ini.

Lautan Tanpa Ombak di Tanjung Nuhanera 

Nah kan apa yang seperti saya bilang, masih ada spot cantik yang bisa saya kunjungi yaitu Tanjung Nuhanera.

Tempat ini sangat mudah dijangkau dan tidak jauh dari Kota Lewoleba. Di Tanjung Nuhanera ini kita dapat menikmati keindahannya dengan mendayung sampan dengan deru ombak yang menenangkan kalbu.

Bukit Doa dan Bukit Cinta

Ini merupakan destinasi favorit dan cukup dikenal, terletak sekitar 20 menit perjalanan dari kota Lewoleba. Di bukit doa dam bukit cinta ini kita dapat menemukan sebuah monumen yang dikenal dengan nama Wolor Pass.

Tempat ini merupakan spot paling ciamik untuk menyaksikan keindahan dan eksotik panorama matahari terbenam.

Masih banyak spot keren yang dapat kamu temui jika berkunjung ke Pulau Lembata ini, jadi kenapa harus berlibur jauh-jauh keluar negeri jika di negara sendiri masih banyak obyek wisata yang ciamik untuk dikunjungi.

Selamat berlibur teman-teman, jangan lupa bagikan pengalaman liburanmu ya melalui akun sosial mediamu agar seluruh dunia tahu jika Indonesia merupakan surganya pariwisata. Happy Holiday!!

Iklan