Selamat menikmati libur akhir tahun teman-teman!! Kali ini saya akan bahas fungsi kumis pada kucing.

Tahukah kamu, apa kegunaan dari kumis buat kucing?

Kumis bukan hanya sekedar rambut yang tumbuh saja dibagian wajah kucing. 

Kumis ini juga memiliki fungsi atau peranan cukup penting dalam kehidupan kucing sehari-hari. Lalu apa saja ya kira-kira dari fungsi kumis ini? Yuk kita bahas.
1. Alat Navigasi 

Kumis pada kucing merupakan alat navigasi yang mampu mendeteksi perubahan aliran udara sehingga dapat membantu kucing bergerak dilingkungan yang gelap sekalipun.

2. Indikator Mood Kucing 

Tahukah kamu? Kucing juga mengekspresikan suasana hatinya melalui kumis. Jika kucingmu sedang merasa ketakutan atau terganggu, posisi kumis akan ditarik kebelakang atau menempel di wajahnya.

3. Melindungi Mata 

Eits ternyata kumis tidak hanya dapat kita temukan pada bagian dekat mulut saja lho, kita juga dapat menemukan kumis kucing terletak dekat bagian mata atau lebih tepatnya berada diatas mata.

Jika tersentuh, kumis pada bagian ini akan memicu mata untuk berkedip, kumis diatas mata ini berguna juga ketika kucing kontak fisik dengan mahluk hidup lain misalnya manusia.

Yes!! Demikian penjelasan singkat dari fungsi serta manfaat dari kumis pada kucing yang jarang kita ketahui. Jadi, jangan pernah ya untuk coba memotong kumis pada kucing kesayanganmu sebab memiliki fungsi yang cukup vital buat kucing.

Iklan